Saturday, 20 March 2010 20:03 Admin Istrator
Print PDF
Apa itu masa subur?
Yang dimaksud dengan masa subur adalah masa yang diperkirakan akan terjadinya ovulasi atau keluarnya telur sehingga wanita tersebut dinyatakan subur, karena siap untuk dibuahi dengan sperma yang datang. Adapun umur sel telur setelah keluar dari indung telur kurang lebih sekitar 1,5 hari (satu setengah hari). Apabila tidak dibuahi, sel telur tersebut akan mati, sehingga hormon tidak dapat lagi dipertahankan, maka rahim yang sudah siap menerima hasil pembuahan akan runtuh dindingnya sehingga keluar sebagai haid atau mens.
 
Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur pada wanita, antara lain:
1. Dengan mengukur suhu tubuh 
2. Menghitung berdasarkan siklus menstruasi / haid 
 
Menentukan masa subur dengan mengukur suhu tubuh
Masa subur dapat ditentukan dengan suhu basal atau lendir rahim. Pada waktu ovulasi (masa subur) suhu tubuh kita lebih tinggi daripada sebelum dan sesudahnya. Demikian juga dengan lendir rahim, pada waktu ovulasi konsistensinya berbeda dari masa sebelum dan sesudahnya. Tetapi untuk itu kita harus secara rutin setiap hari memeriksa suhu tubuh (bangun tidur, sebelum bangun) atau lendir rahim. Statistiknya dapat anda kerjakan sendiri.
 
Menghitung masa subur berdasarkan siklus menstruasi
Hal-hal yang harus diperhatikan sebelumnya :
- Siklus menstruasi dihitung antara 2 waktu haid (bukan lamanya haid). Siklus menstruasi terpendek dan terpanjang ditentukan dalam jangka waktu minimal 6 bulan. Misal : siklus terpendek 27 hari, siklus terpanjang 32 hari. 
- Hari pertama haid terakhir adalah hari haid pertama pada haid Anda yang terakhir. Misal haid terakhir Anda tanggal 1 - 4 Januari 2004, maka hari pertama haid terakhir Anda adalah 1 Januari 2004. 
- Masa ovulasi dihitung dari 14 hari sebelum hari pertama haid yang akan datang. Saat ovulasi merupakan masa paling subur seorang wanita. Masa ovulasi = hari pertama haid terakhir (HPHT) + siklus menstruasi - 14. 
- Masa subur wanita merupakan rentang waktu pada wanita yang memungkinkan terjadinya kehamilan bila terjadi coitus. Masa subur wanita sekitar 3 hari sebelum dan sesudah ovulasi 
Simulasi masa subur di bawah dikalkulasi dengan asumsi siklus menstruasi lebih dari 14 hari dan selisih siklus panjang dan pendek tidak lebih dari 7 hari.
 
Daftar Pustaka
- www.nusaindah.tripod.com 
- www.threeinone.cjb.net 

ASK PHARMACIST

Rubrik ini diasuh oleh Kimia Farma Apotek. Untuk mengirim pertanyaan seputar kesehatan & obat, klik disini
Pertanyaan :

RESEP ONLINE

JURNAL KESEHATAN

Catat histori medikasi & kesehatan Anda sebagai referensi pengobatan ke depan klik disini

You are here:   HomeHealth InfoKesehatan KeluargaMenentukan Masa Subur

LAYANAN PELANGGAN

021 3857245 ext.120

0856.185.8005 (SMS only)

care@kimiafarmaapotek.com

NEWSLETTER

Daftar disini untuk mendapatkan informasi promo dan update dari KFA